Dedikasi untuk Tasikmalaya

Posted: 19 Desember 2011 in Tasikmalaya
Tag:, , , , ,

Saya yakin kebanyakan orang Tasikmalaya tidak tahu sasakala (bahasa sunda) atau sejarah berdirinya Tasikmalaya. Termasuk saya, yang baru tahu setelah browsing di internet. Kenapa ? karena dahulu di sekolah seingat saya tak pernah di ajarkan tentang sejarah berdirinya daerah tempat tinggalnya. Walaupun ada itupun hanya sekilas tidak mendetail. Buku-buku informal tentang sejarah Tasikmalaya pun jarang ditemui kecuali mungkin di perpustakaan-perpustakaan umum.

Setelah saya iseng browsing tentang Tasikmalaya saya baru tersadar saya orang Tasikmalaya baru mengetahui bahwa dahulu ada sebuah kerajaan di sekitar Galunggung. Saya temukan pula silsilah para Bupati Tasikmalaya jaman dahulu yang dipostkan oleh umum atau oleh keluarga keturunan Bupati yang masih ada sampai sekarang. Terima kasih saya ucapkan kepada dulur sadayana yang telah menyadarkan saya tentang Tasikmalaya melalui postingannya di blog, facebook, maupun di website. Sungguh saya bangga menjadi orang Tasikmalaya. Bade saha deui nu ngamumule Tasik teh ari lain ku urang Tasik mah.

Untuk itu dalam rangka menunjukan rasa kareueus/bangga saya, timbul niat saya untuk membuat sebuah blog (sebelumnya saya tidak punya blog) yang isinya tentang Tasikmalaya. Memang sudah banyak blog atau website yang didedikasikan untuk Tasikmalaya yang telah lama malang melintang di internet bahkan telah menjadi sebuah rujukan. Tapi saya tidak akan minder bahkan saya berharap saya bisa bersama-sama memberikan kontribusi positif bagi Tasikmalaya pada khususnya dan bagi suku Sunda pada umumnya, dan saya pun meminta dan memohon ka wargi sadayana koreksi saya dan bantu meluruskan apabila postingan saya nanti ada yang salah atau tidak valid. Baru pada tanggal 17 Desember 2011 saya ciptakan sebuah blog yang postingan pertamanya tentang Prasasti Geger Hanjuang, dimana postingan ini adalah sebuah artikel karya Elis Suryani N.S, dosen dan peneliti UNPAD, yang di terbitkan surat kabar Pikiran Rakyat, edisi Sabtu, 28 Agustus 2010.

Prasasti Geger Hanjuang ini adalah salah satu pedoman atau petunjuk tentang awal mulanya Tasikmalaya berdiri, selain itu ada pula Naskah Amanat Galunggung atau Kabuyutan Galunggung serta Carita Parahyangan. Menelusuri sejarah memang mengasyikan. Masa lalu memang adalah sebuah kenangan, tetapi tidak berarti mengenang masa lalu kita akan kembali ke masa lalu atau kemunduran. Akan tetapi semua kenangan itu adalah hanya merupakan hiasan indah pada jamannya. Kebaikan dan keburukan masa lalu dapat diambil hikmah serta manfaatnya untuk dijadikan cermin dan pedoman di masa kini dan merupakan hanca garapan yang harus kita kerjakan sebagai penerusnya. Masa kini adalah perjuangan. Perjuangan yang akan menentukan bentuk dan wujud kita sekarang. Perjuangan untuk membuat sejarah yang akan dikenang oleh anak cucu kita di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s