Status Gunung Galunggung

Posted: 17 Februari 2012 in Berita terkini
Tag:, , , , ,

 

Sebagai warga Tasikmalaya yang berjarak 15 km dari gunung Galunggung, sempat kaget juga ketika membaca running teks di stasiun tv mengenai perubahan status gunung Galunggung. Waspada, itulah status gunung Galunggung ketika saya baca di running teks. Setelah gunung berapi lain meng ‘update status’ nya, kini salah satu gunung berapi aktif paling berbahaya di Indonesia ini ikut-ikutan merubah statusnya. Gunung yang terletak di kawasan Linggarjati Kecamatan Sukaratu KabupatenTasikmalaya ini meningkatkan statusnya dari normal menjadi Waspada pada hari Minggu (12/2) sekitar pukul 15.30.  Bukan tidak beralasan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), menaikkan status gunung tersebut, karena adanya peningkatan kegempaan, suhu air mencapai 40 derajat celcius, serta perubahan warna pada air danau kawah.

Meningkatnya status Gunung Galunggung menjadi waspada membuat masyarakat di sekitar gunung tersebut panik. Kata “waspada”, diterjemahkan oleh masyarakat sebagai situasi yang gawat.

‘’Ketidakpahaman masyarakat atas status waspada membuat mereka panik. Warga mengira waspada itu situasinya sudah gawat,’’ kata Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto yang dihibungi Republika, Kamis (16/2).

Namun ada juga masyarakat yang tidak mempedulikan (ketidak tahuan mereka ?) terhadap status waspada. Mereka tetap saja menjalankan aktifitasnya di sekitar gunung untuk mencari nafkah atau kepentingan lain seperti misalnya bersemedi. Untuk di ketahui gunung Galunggung adalah salah satu tempat keramat bagi orang-orang yang mendalami ilmu kebatinan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s