Perhelatan Demokrasi yang Dewasa

Posted: 16 April 2012 in Tasikmalaya
Tag:, , , , , ,

IHWAL perhelatan politik, masyarakat Kota Tasikmalaya tidak kalah matang dari induknya Kabupaten Tasikmalaya.  Walaupun baru dikukuhkan menjadi daerah otonom 17 Oktober 2001.

Satu dasawarsa terakhir Pemerintah Kota Tasikmalaya, telah melalui tiga putaran masa pucuk kepemimpinan. Walaupun putaran pertama, tahun 2001-2002, merupakan masa transisi.

Pada masa itu, Wahyu Suramiharja ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota didampingi Sekretaris Daerah, Adil Darmawan. Saat-saat awal ini, sangat menentukan langkah pemerintah kota selanjutnya.

Termasuk mempersiapkan tampuk pimpinan yang dikukuhkan melalui perhelatan demokrasi. Walaupun, waktu itu pemilihan kepala daerah masih dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Tatacara pemilihan terakhir, yang sudah populer selama orde baru itu membukukan pasangan Bubun Bunyamin dan Syarif Hidayat memimpin Pemerintah Kota Tasikmalaya tahun 2002-2007.

Estafeta kepemimpinan berikutnya sudah memasuki era baru yang usung gerakan reformasi. Pemilihan umum yang digelar secara langsung, tanpa mewakilkan kepada DPRD pun berjalan dengan mulus. Bubun Bunyamin maju kembali dalam perhelatan demokrasi. Tetapi tanpa didampingi Syarif Hidayat, karena Syarif sudah tidak berselera duduk sebagai Wakil. Bubun bersanding dengan Noves Narayana, Syarif menggandeng Dede Sudrajat, dan Budi Budiman berpasangan dengan Wahyu Sumawijaya.

Pentas politik waktu itu suhunya terbilang tinggi. Salah satu faktanya, selisih suara antara ketiga pasangan calon sangat tipis. Tandanya, persaingan politik untuk yang melibatkan orang banyak sangat ketat. Syarif-Dede yang populer dengan Syadarajat akhirnya berhak menakhodai Pemerintah Kota Tasikmalaya, periode 2007-2012.

Tentu saja, dalam perjalanannya tak luput dari bumbu intrik, termasuk perselingkuhan politik. Tetapi, masyarakat Tasik tidak larut dalam pertikaianyang meruncing. Patut menjadi cermin. Berkaca pada masa lalu yang memiliki irisan peristiwa sama. sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s