Kenangan : Kolam Renang Gunung Singa

Posted: 22 April 2012 in Kenangan : Foto Jadul
Tag:, , ,

Seingat saya (waktu itu saya kelas 2 SD) sekitar tahun 1980-an, satu-satunya kolam renang yang ada di Tasikmalaya adalah kolam renang Gunung Singa, yang merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda. Letaknya di jalan Yudanegara, berada di atas sebuah bukit kecil yang rimbun dengan pepohonan. Konon katanya dahulu di atas bukit tersebut terdapat patung singa itulah sebabnya dinamakan Gunung Singa. Jika kita masuk dari pintu gerbang, untuk sampai ke kolam renang, kita harus menyelusuri jalan setapak yang menanjak terbuat dari batu, yang teduh dengan pohon, panjangnya sekitar 20-30 meter.

Kolam renangnya berbentuk oval, dilengkapi dengan perosotan dan pancuran,  di sisi sebelah barat kolam dan di sisi utara terdapat kamar mandi dan kamar ganti sedangkan di sebelah timur di atas bukit terdapat sebuah bangunan yang pada waktu itu adalah sebuah warung. Di sebelah selatan adalah merupakan pelataran kolam dan merupakan tempat keluar masuk pengunjung.

Kini kolam renang tersebut sudah menjadi sebuah hotel berbintang, yaitu Hotel Santika, pada tahun 2011 kemarin. Sebelum menjadi hotel, di tempat berdiri bioskop Parahyangan yang sempat menjadi kebanggaan warga Tasikmalaya.

Dari hasil pencarian, saya menemukan photo jadul tentang kolam renang Gunung Singa dari museum Belanda yaitu Tropenmusium. Berdasarkan keterangan, photo di buat tahun 1938/1939. Inilah photo-photonya Gan.

Photo Koleksi Tropenmusium

Komentar
  1. dicky mengatakan:

    Dear Pak Irwan,

    Menarik untuk ulasannya. Btw, saya mau tny mengenai dokumentasi mengenai kolam renang tsb dimana disebutkan ada di koleksi tropenmusium. Bisa saya tau di bagian mana koleksi tsb?

    Thanks
    Dicky

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s